Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Batam
1. Gedung dan Sarana Inkubator
Data gedung dan sarana yang dimiliki Inkubator.
Kepemilikan dan lebar bandwith Internet Inkubator yang dapat diakses oleh tenant inkubator.
Jenis Peralatan kantor yang dimiliki Inkubator.
Utilitas yang dimiliki Inkubator.
2. Pengelolaan Inkubator
Struktur organisasi
Struktur organisasi Inkubator (dalam bentuk diagram blok) dan uraikan tupoksi jabatan masing-masing
Business Technology Center secara legal merupakan organisasi non profit yang berada dibawah Pembantu Direktur 2 Bidang Administrasi umum dan Keuangan. Hal ini terkait dengan adanya penggunaan prasarana milik Politeknik Negeri Batam yang berada dilintas Jurusan, seperti penggunaan fasilitas laboratorium maupun produksi. Selain itu, unsur kelembagaan dari Politeknik Negeri Batam yang sampai dengan saat ini masih merupakan Satuan Unit kerja membatasi kegiatan organisasi dari Inkubator Bisnis Teknologi ini sebagai organisasi non profit.Padahal bila dilihat dari potensi yang tersedia, sudah sepatutnya Inkubator Bisnis Teknologi ini bisa menjadi organisasi yang bersifat hybrid artinya disatu sisi menghasilkan profit namun juga tidak melupakan unsur sosialnya.
Direktur Inkubator Bisnis
Consultant Commite
Tanggung Jawab Consultant commite adalah memberikan masukan, saran dan pertimbangan berdasarkan keahlian maupun bidang yang dikuasai bagi manajemen inkubator bisnis dalam menetapkan strategi pengembangan inkubator maupun penyelesaian pemasalahan yang dihadapi inkubator bisnis dan tenan.
Manajer Inkubator Bisnis
Tanggung Jawab Manajer inkubator Bisnis adalah memimpin, mengelola dan mengoordinasikan semua hal yang berkaitan dengan jalannya roda perusahaan.
Tugas dan wewenang Manajer Inkubator Bisnis adalah sebagai berikut:
Training Staff
Tugas dan wewenang dari training staf adalah melakukan merancang program dan materi pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan tenan. Sekaligus juga mempersiapkan sarana prasarana pendukung pelatihan
Networking dan Pendampingan Staff
Tugas dan wewenang dari Netwworking dan Pendampingan Staff adalah menangani kegiatan marketing, pengembangan bisnis dan jaringan pendukung kemajuan tenan, serta melakukan analisa kebutuhan tenan yang berorientasi pada pencapaian keberlajutan dan pengembangan usaha tenan. Selain itu Netwworking dan Pendampingan Staff bertugas untuk membangun hubungan baik dengan stake holder demi terciptanya lingkungan yang ramah bagi keberlangsungan inkubator bisnis maupun usaha tenan.
Fasilitas Staff
Tugas dan wewenang dari Fasilitas Staff adalah mengkoordinasikan serta mengelola sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan inkubator bisnis dan usaha tenan. Kegiatan yang dilakukan adalah mengatur jadwal penggunaan sarana dan prasarana, memastikan kesiapan sarana dan prasarana
Administrasi dan Keuangan Staff
Tugas dan wewenang dari administrasi dan keuanga Staff adalah melakukan pencataan pengelolaan administrasi secara umum maupun keuangan yang ada di inkubator bisnis.
3. Pelayanan Inkubasi
Pelayanan Umum
Dalam proses rekrutmen tenant, dilakukan berbagai tahapan kegiatan (deskevaluation, bootcamp, pelatihan dll) hingga terpilihnya calon tenant
Ketersediaan (akses) jam kerja untuk tenant inkubator yang sesuai dengan operasi incubator 8-11 jam sehari
4. Fasilitas Business Technology Center (BTC)