Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pertama di Kepri, Politeknik Negeri Batam (Polibatam) menggelar The International Conference on Applied Engineering (ICAE) ke-4 & The International Conference on Applied Economics and Social Science (ICAESS) ke-3 di kampus Polibatam, Rabu (13/10/ 2021).

‘’Tujuan konferensi ini adalah untuk memamerkan hasil penelitian aplikatif yang dilakukan para peneliti dari berbagai negara. Sebab, sudah menjadi isu besar di kalangan peneliti Indonesia akan kesenjangan luaran penelitian antara dunia akademik dan industri tentunya,‘’ sebut Direktur Polibatam, Uuf Brajawidagda, ST., MT., PhD., Kamis (14/10/2021).

Event internasional para akademisi yang dibuka Uuf Brajawidagda itu digelar secara daring. Banyak peserta yang mempresentasikan hasil penelitiannya dan mereka dari 22 negara.

Selain itu, Polibatam juga mengundang sejumlah peneliti senior dan praktisi industri yaitu Xie Ming PhD dari Nanyang Technological University (Singapura); Prof Mohammad Osman Tokhi dari London South Bank University (Inggris); Prof Dr Ing Jens Haueisen dari Technische Universität Ilmenau (Jerman); dan Tim Canning dari City of Glasgow College (Skotlandia).

ICAE dan ICAESS 2021 diselenggarakan berkat adanya dukungan dari Badan Pengusahaan (BP) Batam, AIP Publishing, SciTePress. Seluruh artikel ilmiah yang dipresentasikan akan diterbitkan pada prosiding AIP Publishing dan SciTePress yang diajukan untuk indeksasi ke DBLP Computer Science Bibliography, Google Scholar, Microsoft Academic, Scopus dan Semantic Scholar.

Dosen Jurusan Teknik Mesin Polibatam sekaligus Ketua Penyelenggara, Hanifah Widiastuti, ST., PhD. menambahkan, para peserta merasa senang, karena konferensi tersebut menggabungkan dua konferensi dengan bidang yang berbeda: rekayasa dan sosial. Ini bisa menjadi jembatan untuk penelitian terapan yang multibidang.

Link Batam Pos: klik disini

By P3M