Main menu:

Pengumuman Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Batam 2019

Sesuai dengan hasil evaluasi yang dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M), terdapat beberapa kelemahan dalam kegiatan penelitian di Politeknik Negeri Batam antara lain:
1. belum berkembangnya budaya penelitian sebagai bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi di Politeknik Negeri Batam secara seimbang dan merata di kalangan dosen;
2. masih rendahnya pastisipasi unit penelitian (dalam hal ini Pusat Kajian dan Kelompok Keahlian Terapan) dalam pelaksanaan penelitian;
3. masih rendahnya diversifikasi hasil-hasil penelitian dosen Politekni Negeri Batam yang selama ini masih dominan hanya berupa laporan penelitian dan naskah publikasi ilmiah, belum dalam bentuk lainnya seperti buku ajar, paten, teknologi tepat guna, dan rekayasa sosial yang berguna bagi masyarakat.

Terkait dengan hal tersebut, maka salah satu upaya dari P3M adalah dengan melaksanakan sebuah Penelitian penugasan bagi dosen dalam bentuk penugasan semi-kompetisi di tingkat insitusi Politeknik. Program Penelitian penugasan bagi dosen ini dimaksudkan sebagai kegiatan pembinaan penelitian untuk mengarahkan dan membimbing calon-calon peneliti untuk mendapatkan kemampuan dan kepekaan meneliti serta diharapkan dapat menjadi sarana latihan untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah baik lokal maupun nasional terakreditasi.

Pelaksanaan Program Penelitian penugasan bagi dosen secara berkesinambungan yang dilaksanakan di Politeknik Negeri Batam diharapkan dapat menghasilkan hal-hal berikut:
1. terbangunnya suasana yang kondusif untuk mewujudkan keseimbangan Tridharma Perguruan Tinggi pada dosen;
2. terbangunnya track record penelitian dosen yang konsisten yang berbasis pada bidang keilmuannya secara kuat.

Tanggal penting:

Write a comment